Wujudkan Petani Sejahtera Melalui Program PINTARA (Program Inovatif Bina Petani Sejahtera)

Detail Campaign

Wujudkan Petani Sejahtera Melalui Program PINTARA (Program Inovatif Bina Petani Sejahtera)

Rp 10.000

terkumpul dari Rp 300.000.000

1 Donatur

Hari lagi

Filantropi Islam Profesional yang memiliki legalitas dan izin operasional resmi.

Cerita

4/6/2021

Menurut  data BPS (2019), jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 9.22% atau 24.79 juta jiwa. Mirisnya, sebagian dari data jumlah penduduk  miskin tersebut adalah petani. Dari tahun ke tahun nasib petani tidak mengalami perubahan.

Berbagai faktor menjadi penyebab ketidaksejahteran  petani. Salah satunya banyak  petani di Indonesia termasuk dalam kategori  petani gurem yaitu petani yang kepemilikan lahan sempit sekitar 5000 – 8000 m2 mengakibatkan produksi dan pendapatannya kecil. Beberapa permasalahan lain yang dihadapi petani yaitu kurangnya modal yang dimiliki petani akibatnya petani harus meminjam ke tengkulak dengan sistem ijon, harga yang fluktuatif membuat petani sulit  memprediksikan keuntungan yang didapat, kelangkaan pupuk, serta gempuran impor.

Padahal, petani memiliki peran cukup penting yang menumpu kehidupan kita. Mereka menyediakan berbagai bahan pangan untuk kelangsungan hidup. Sebuah kehormatan, dalam batas kesejahteraan yang rendah mereka tak menghentikan aktivitas menanam. Dalam Al –qur’an dan Assunah disebutkan bahwa salah satu peran manusia adalah pemakmur bumi yang dapat diartikan sebagai petani. Mereka menanami lahan – lahan sebagai sumber penghidupan, bercocok tanam aneka buah dan sayuran yang kemudian dimanfaatkan oleh semua pihak. Sudah seharusnya petani mendapat penghidupan yang layak dan perhatian yang proporsional, sama layaknya dengan profesi lainnya (seperti dokter, bidan, dll).

Sebagai bentuk penghargaan kepada pejuang pangan, BaitulMaalKu menginisiasi pemberdayaan komprehensif yang tujuannya adalah memberikan tingkat kesejahteraan yang lebih baik kepada petani,  melalui Program Inovatif Bina Petani Sejahtera (PINTARA) yang dirancang sebagai upaya peningkatan taraf hidup petani Indonesia dalam bentuk pemberian modal serta pendayagunaan budidaya terpadu secara intensif, inovatif dan berkelanjutan.

PINTARA merupakan program pemberdayaan petani melalui pemberian modal secara berkesinambungan, pendampingan praktik budidaya selama masa tanam sebagai upaya mengantisipasi kegagalan panen dengan menerapkan panduan praktik budidaya yang baik/ Good agriculture practice (GAP) yang direkomendasikan oleh kementerian pertanian Republik Indonesia.

BaitulMaalKu dan SahabatKebaikan.org mengajak Sahabat Baik sekalian untuk bersama memberikan kelayakan hidup, meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia. Pemberian modal untuk membeli sarana dan prasarana pertanian, memudahkan petani dalam menjalankan peranya sebagai pejuang pangan. Selain itu, PINTARA menunjang petani memperbaiki kualitas dan kuantitas hasil sehingga pendapatan yang diterima petani lebih besar, serta menjamin peningkatan produktfitas pertanian.

Untuk mendukung para petani Indonesia, kamu hanya perlu menyisihkan minimal Rp. 10.000,- mu.

Mari salurkan infaq terbaik untuk pertanian yang lebih baik, untuk kesejahteraan petani Indonesia dengan cara :

  1. Klik Tombol Donasi
  2. Tentukan Nominal Donasi
  3. Tulis Doa Kamu
  4. Klik Lanjut Pembayaran
  5. Login dengan Akun Google-mu
  6. Pilih Virtual Account Sesuai Bank yang kamu miliki
  7. Salin VA
  8. Transfer melalui m-Banking mu
  9. Voila! Donasi berhasil

Kamu juga dapat membagikan proyek kebaikan ini dengan cara klik tombol “share” ya.

Kabar Terbaru

Maaf, belum ada kabar terbaru untuk campaign ini

Donasi (1)

Belum ada donasi untuk campaign ini.