Dek Dastan Tak Tahan Nyeri Sendi, Sesak Nafas dan Kejang

Detail Campaign

Dek Dastan Tak Tahan Nyeri Sendi, Sesak Nafas dan Kejang

Rp 1.610.357

terkumpul dari Rp 18.000.000

3 Donatur

Hari lagi

An Islamic Social Worker - Founder SahabatKebaikan.org

Cerita

11/18/2021

Assalaamu’alaikum #SahabatBaik sekalian, perkenalkan saya Bhakti Aditya, founder SahabatKebaikan.org. Saya ingin bercerita sedikit tentang Dek Dastan yang beberapa waktu lalu Ibunya menghubungi saya.

Entah sudah berapa banyak ranjang rumah sakit yang ditiduri Dek Dastan, padahal usianya baru 5 tahun. Rasa nyeri pada sendinya yang diakibatkan Juvenile Rheumatoid Arthritis-sebuah penyakit sendi yang menyerang anak-anak disebabkan autoimun- tak tertahan, ditambah dengan Epilepsi, mengakibatkan Dek Dastan jadi sering kejang tak mengenal waktu dan tempat.

Pernah suatu ketika, Dek Dastan sedang mencari ikan bersama teman-teman di selokan kecil dekat rumahnya, tiba-tiba ia kejang dan membentur benda tumpul, akibatnya ada penggumpalan darah di perutnya.

Kejadian yg paling parah itu saat Dek Dastan kejang lebih dari 15 menit. Mengakibatkan kaki dan tangan Adek terganggu sarafnya hingga harus terus diterapi agar tidak terjadi kelumpuhan.

Awal mula Dek Dastan sakit dan dinyatakan epilepsi

Saat usia 6 bulan Dek Dastan sedang menyusu, dalam keadaan normal, tiba-tiba Dek Dastan menggigil dan keluar busa dari mulutnya. Bu Mimin langsung membawa Dek Dastan ke RS Sander B, Bekasi. Oleh dokter, Adek diberi obat dari anusnya dan kemudian sadar kembali. Namun setelah 3 hari sejak awal kejang tersebut, tiba-tiba Adek kejang lagi, ini kejang yang ke 2 dalam satu pekan tersebut, di bawalah Adek ke RS tapi dokter merujuk Adek ke RS Bhakti Husada Cikarang bahkan sampai dirawat inap, saat dirawat pun Dek Dastan kejang per 1 jam sekali, hingga dokter menyarankan untuk scan otak (EEG) dan diketahui Dek Dastan ternyata mengidap epilepsi. Karena sering kejang tanpa demam, saat usia 1 tahun 8 bulan, Dek Dastan timbul Hernia, namun Alhamdulillah kemudian dapat dilakukan operasi saat usia Adek 3 tahun, dokter mengatakan, bahwa Hernia yang dialami Dek Dastan diakibatkan kejang yang sering dialami Adek.

Belum lagi sakit persendian yang bagi bocah seusia Dek Dastan adalah sesuatu yang tak tertahankan. Sehingga tak jarang sakit sendi tersebut membuat Dek Dastan menangis sepanjang hari.

Setiap 2 hari sekali, Dek Dastan harus melakukan terapi Sinar Infrared untuk kaki dan tangannya akibat sering kejang. Untuk pengobatan epilepsinya, ia dan Ibundanya mesti bolak-balik ke RS setiap bulan. Setiap kali jadwal kontrol, Bu Mimin dan Dek Dastan harus berjalan kaki menuju jalan raya dan menaiki angkot jurusan Pasar Cikarang, Bekasi. Setelah itu naik Angkot lagi jurusan Cikarang-Cibarusah agar sampai ke tempat tujuan, yakni RS Sentra Medika. Perjalanan yang panjang dan melelahkan. Sebenarnya, bukan perjalanannya yang memberatkan Bu Mimin dan Suaminya, melainkan biaya operasional yang harus mereka keluarkan yang membuatnya memutar otak dan berusaha mengumpulkannya.

Bu Mimin hanya seorang Buruh Cuci berpenghasilan Rp. 600.000,-/bulan dan Pak Dasman (36th) ayahnya Dek Dastan seorang penjaga sekolah berpenghasilan Rp. 1,2jt perbulan. Uang mereka sebenarnya hanya cukup untuk membayar kontrakan dan makan sehari-hari dengan sederhana. Namun, mereka berdua tak mungkin membiarkan anaknya sampai tidak mendapatkan pelayanan medis sehingga mereka berusaha semaksimal mungkin untuk membiayai penanganan Dek Dastan.

Alhamdulillah, sebagian besar biaya pengobatan Dek Dastan ditanggung BPJS. Namun sebagian lainnya harus dibeli sendiri. Adapun biaya yang dibutuhkan Dek Dastan untuk pengobatannya sebagai berikut :

  1. Biaya operasional pulang pergi ke RS sebesar Rp. 400.000,-/bulan
  2. Susu, Diapers, dan Vitamin sebesar Rp. 400.000,-/bulan
  3. Obat yang tidak ditanggung BPJS sebesar Rp. 1.000.000,-/bulan
  4. Biaya lain-lain sebesar Rp. 100.000,-/bulan

Sehingga total biaya yang dibutuhkan Dek Dastan selama satu tahun sebesar Rp. 18.000.000,-.

Mari ringankan beban Bu Mimin dan Dukung Dek Dastan bisa sembuh. Caranya sangat mudah, silahkan ikuti panduan berikut :

Terimakasih #SahabatBaik sekalian, semoga Alloh Subhaanahu wa Ta’ala membalas segala kebaikan yang anda tunaikan dengan pahala yang berlimpah.

Kabar Terbaru

Maaf, belum ada kabar terbaru untuk campaign ini

Donasi (3)

Belum ada donasi untuk campaign ini.